Mengintip Isi Kebun Raya Baturraden, Si Kecil Nan Kaya

kebun raya

Kebun Raya Baturaden saat ini jauh lebih dikenal semenjak selesai renovasi dan diresmikan pada Desember 2015 lalu. Saya sendiri baru tahu Kabupaten Banyumas memiliki kebun raya pun setelah berita peresmiannya dipublikasikan oleh berbagai media baik lokal maupun nasional. Kebun Raya Baturaden terletak di Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturaden. Jarak dari kota Purwokerto sekitar 14 Km. Jika kita lebih mengenal Wana Wisata Baturaden, maka kebun raya ini terletak tidak jauh dari gerbang masuk wana wisata sekitar 1,5 Km. Setelah saya berselancar melalui internet, mencari tahu informasi tentang Kebun Raya Baturaden, ternyata kebun tersebut sudah mulai digagas pada saat acara Penutupan Jambore Nasional tahun 2001 dan penanaman perdana dilakukan pada tahun 2004 [1].

Berhubung saya belum pernah berkunjung ke sana, saat sepupu saya datang ke Purwokerto pada bulan Maret lalu, saya langsung mengajaknya ke Kebun Raya Baturaden. Dari rumah saya berangkat mengendarai motor dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Kami melalui gerbang wana wisata dan membayar tiket masuk terlebih dahulu. Tidak lama kemudian, kami sampai di Kebun Raya Baturaden.

1 Gerbang

Gerbang Masuk

2 Welcome To Kebun Raya

Welcome to Kebun Raya Baturraden!

Tanaman yang ada pada Kebun Raya Baturaden ini cukup banyak yang dibentuk menjadi taman-taman. Mulai dari taman bunga hingga tanaman obat. Berdasarkan sumber yang saya temukan, hingga saat ini baru 11% bagian dari kebun raya yang sudah dikelola secara intensif dengan total luas 143,5 hektar [2]. Padahal saat saya berkunjung ke sana, pada taman obatnya saja tertera sudah ada ratusan atau bahkan sudah ribu tanaman (saya agak lupa). Bayangkan jika semua sudah dikelola intensif, pasti akan lebih kaya flora, aset Banyumas yang keren. Sekedar informasi, secara umum di Indonesia, baru ada 27 kebun raya, 5 di bawah LIPI, 22 kebun raya di bawah daerah, termasuk Kebun Raya Baturraden [2]. Pemerintah sendiri melalui Departemen PU sudah sejak lama mendukung ajakan LIPI untuk membangun kawasan kebun raya di setiap propinsi di Indonesia dengan tujuan untuk melestarikan dan menyelamatkan tumbuhan asli yang ada di setiap daerah [3].

3 Kebun

Diberi pagar pengaman, sepertinya pernah diinjak-injak oleh pengunjung. Mungkin buat selfie

kebun

Walaupun mengurangi keindahan, tapi salah satu cara pengamanan yang jitu (pagari tumbuhan)

medicine

Anggap saja tidak ada orang

kembang

Ada yang tahu ini namanya bunga apa?

Red Green Yellow

Red. Green. Yellow (Embuh, nggak tahu nama tumbuhannya)

Cukup menyenangkan berkeliling menghirup udara segar di Kebun Raya Baturaden, karena selain tanaman-tanaman kecil, di sana juga masih terdapat banyak pohon-pohon besar khas Wana Wisata Baturaden, ditambah ada semacam air terjun kecil yang ada di area itu.

air terjun

Yang penting kan airnya terjun

lili

Bunga Lili bukan ya?

Pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas lain yaitu rumah kaca, rumah kompos, rumah anggrek, tempat pembibitan, rumah dinas dan yang paling penting adalah gazebo serta arena bermain  yang berisi rumah pohon, alat jungkat-jungkit dan perosotan. Meskipun arenanya  tidak terlalu luas, pengunjung dapat menggunakannya secara gratis, terutama untuk pengunjung yang membawa anak-anak atau pengunjung seperti kami yang ingin mendapatkan foto-foto diri yang kece.

rumah pohon

Rumah Pohon

jalan rumah pohon

Jalan menuju rumah pohon. Itu nggak terlalu tinggi kok!

perosotan

Perosotan

Kegiatan kami akhiri dengan mencoba arena panahan pada Wana Wisata Baturaden. Memang jika dibandingkan dengan kebun raya lainnya di Indonesia, Kebun Raya Baturraden ini masih kalah tenar dan lahan yang sudah dikelolanya masih lebih kecil namun kami sangat menikmati kunjungan ke Kebun Raya Baturaden. Saya sangat merekomendasikan untuk dikunjungi, terutama pada saat bukan weekend, karena lebih sepi dan lebih nyaman. Wisata murah dan menyenangkan, selamat mencoba!

panah

“Kalo Adek manah hatimu aja gimana, Bang?”

Advertisements

About dikabeast

A complex mind in plain personality
This entry was posted in Article, Sharing and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s