Anak SD Jaman Sekarang

Suatu pagi di percakapan sebuah media sosial,

Saya : “Aku diceritain ibuk masa iya anak2 kelas 5 sd smsnya udh aneh2 ke kamu za, syeerem anak2 skrg

Reza : “anak anak sd sana genit2 coy. ini aja bnyak banget yang sms aku

***

Jadi ceritanya adik saya baru saja selesai dari kuliah kerja nyata (KKN), di Desa Taraju, Tasikmalaya sekitar 3 jam perjalanan dari kota Tasikmalaya. Tempatnya lumayan terpencil , terletak di kawasan dataran tinggi dan terdapat banyak kebun teh. Sebagai orang yang selalu merasa iri melihat orang-orang yang sempat merasakan KKN, saya bertanya-tanya pengalaman apa yang didapatkannya ketika KKN, maklum kampus di tempat saya kuliah dulu tidak mengenal KKN. Biasanya KKN pada satu daerah tertentu dilakukan oleh satu tim, adik saya mendapat tugas yang terjun langsung ke lapangan untuk mengajar di sebuah sekolah dasar. Dia menceritakan pengalaman yang bisa dikatakan cukup menggelikan, terutama interaksi dengan murid perempuan di sekolah tersebut.

Adik saya mendapatkan surat beserta coklat dari salah satu murid kelas 5.

Sweet! Hahaha

Sweet! Hahaha, kertasnya kurang modal tapi

Pertama kali melihat gambar kiriman adik saya tersebut, saya tertawa sepuasnya karena jujur sangat lucu dan menggelikan terutama di bagian “menangis semalaman dari jam 08-10 WIB”, itu sih hanya 2 jam bukan semalaman! Namun setelah saya kembali baca dan mengingat bahwa yang menulis adalah anak kelas 5 SD, saya berbalik diam kemudian mengelus dada, astaghfirullaah anak sekecil ini.

Alkisah di kelas 6, ada 2 murid perempuan “M” dan “G”, mereka berdua sama-sama menghubungi adik saya via sms, karena saking banyaknya murid yang menghubungi, adik saya tak menyimpan satu pun nomor dari mereka dan terjadilah peristiwa salah panggil nama ketika balas sms yang menyebabkan,

1409885361407

1409885360390

1409885359393

1409885358090

what?? They’re just kids. Tapi kenapa sudah sangat berani? Mungkin kalau anak SMP atau SMA saya masih bisa maklum, ini kan masih SD. Kembali mengingat masa lalu, apa yang saya lakukan ketika kelas 5 SD? Bermain petak umpet dengan tetangga, (berusaha) menerbangkan layangan walaupun selalu gagal, bersepeda dan sebagainya. Kalaupun ada childhood crush, mungkin sama teman sekelas atau teman bermain, dipasang-pasangin, yah semacam itu. Sedangkan mainan mereka? Rebutan mahasiswa KKN. Seram gak sih?

Fenomena di Taraju bisa jadi sebuah hal yang biasa saja jika dibandingkan dengan anak SD yang sudah melakukan seks bebas [1], berita yang tidak lagi mengejutkan. Dan jika di Taraju yang notabene jauh dari peradaban saja perkembangan pikiran anak-anak sudah seperti itu, apalagi anak-anak di kota besar? Tidak bisa dipungkiri, tontonan televisi dan media lainnya memang sangat mempengaruhi pembentukan pemikiran anak-anak sekarang terutama usia tanggung. Ya, bisa kita lihat apa yang disuguhkan televisi sekarang kan? Sinetron dan tayangan tidak bermutu marak sekali hadir saat prime time. Selain itu,  faktor keluarga juga sangat penting, sejauh mana orangtua bisa mengawasi, mendidik juga menjadi sahabat untuk anak. Menjadi orangtua jaman sekarang tantangannya jauh lebih besar nampaknya.

Lalu bagaimana nasib anak saya nanti? Kemudian ibu saya pasti akan menimpali “cari bapaknya aja dulu”. Oke cukup.

Big thanks to narasumber @muhrezapahlevi

Advertisements

About dikabeast

A complex mind in plain personality
This entry was posted in Opini, Sharing. Bookmark the permalink.

8 Responses to Anak SD Jaman Sekarang

  1. wisnu says:

    Waa, anak2nya berbakat jadi penulis…. skenario FTV..

    Like

  2. Erva says:

    perlu aku entry kisahmu dengan buku diary waktu SMP juga nggak dik di blogku? wakaka

    Liked by 1 person

  3. ko’ medeni ngono ya? :O

    Like

  4. ngakak bacanya dik… *btw, kita pernah kenal gak sih? hihihi aku taunya andika elok anak sma 2. bener ga?

    Like

    • dikabeast says:

      Sebenernya ngakak plus agak ngelus dada juga sih fin. Yups bener andika elok sma 2. Kayaknya kita saling tau tp gak terlalu kenal-kenal bgt, kamu zulfina lulusan smp 6 dan sma 1 kan, bener ga? 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s