Selasar Sunaryo, Surga Tersembunyi Untuk Pecinta Seni

Sudah lama tinggal di Bandung? Atau memang asli orang Bandung? Pernah mendengar atau mungkin mengunjungi Selasar Sunaryo? Mungkin tidak semua orang mengetahui keberadaan art gallery ini, namun untuk para penggemar dan pecinta seni tempat tersebut sudah tidak asing pastinya, bahkan sudah terkenal di kancah internasional. Terletak di bagian atas kota Bandung, tepatnya di Jalan Bukit Pakar Timur no. 100, Selasar Sunaryo art space ini tidak terlalu spesial jika dilihat dari luar. Namun jangan tanyakan isi dalamnya, harta karun, hehehe.  Ya mungkin bagi para seniman tempat ini menyimpan banyak harta karun, seperti lukisan, karya pahat juga arsitekturnya yang nyaman. Jujur saja, saya sendiri bukan penggemar ataupun pecinta seni apalagi seniman, hanya penikmat saja, dan saya cukup menikmati berada di dalam art space itu walaupun ada beberapa lukisan yang saya kurang pahami maksud, pesan dan darimana bagusnya, maklum programmer. Bangunan ini terbagi menjadi beberapa ruang, saya tidak hapal semuanya, tapi yang kebetulan saya kunjungi saat itu salah satunya adalah ruang “Bale Tonggoh” yang pada hari itu sekitar dua hari yang lalu, masih berlangsung art exhibition Kembara Jiwa : Malaysian Contemporary Art , yang menampilkan karya-karya dari artist-artist asal Malaysia. Sayang sekali kalau di ruangan galeri yang berisi hasil karya, pengunjung tidak diperbolehkan mengambil gambar. Selain galeri, di tempat ini juga terdapat perpustakaan serta kafe, yang bergelar pustaka selasar dan kopi selasar. Saya sangat tertarik untuk menyambangi pustaka selasar, dan ya, saya tidak menyesal menyempatkan untuk melihat-lihat di dalamnya. Suasananya sangat nyaman, cozy, dan buku-bukunya pun, kembali saya harus menyebut harta karun, walaupun banyak sekali buku asing yang bukan konsumsi saya. Buku-buku tersebut kelihatannya mahal dan jarang ditemukan di pasaran, tapi memang kebanyakan dari itu merupakan buku literatur dan referensi seni, serta katalog-katalog pameran lukisan dan seni yang tidak hanya berasal dari Indonesia saja. Mungkin untuk orang-orang atau pun mahasiswa bidang seni tempat ini sangat bermanfaat. Namun buku-buku yang disediakan tidak bisa dipinjam, ya maklum buku mahal dan susah didapat, jadi jika berminat membaca ya perlu sering-sering datang ke sana. Jangan khawatir, tempatnya sejuk dan menenangkan.

Tampak luar pustaka selasar

Di dalam pustaka selasar

An attractive book – for me 🙂

Mari ke kopi selasar

Di bagian kopi selasar, bentuknya seperti kafe pada umumnya, wujud ruangannya seperti ini,

Kopi selasar

tapi ada satu spot di pojokan kursi yang menurut saya tidak biasa ditemui di kafe ataupun tempat nongkrong kebanyakan :

Unik sekaleee. Menggunakan kata “kami bangga jika anda tidak”, daripada “dilarang”

Terdapat juga semacam tempat untuk pertunjukan yang berada di tengah bangunan ini. Bentuknya melingkar dan terdapat beberapa anak tangga yang bisa difungsikan sebagai tribun penonton.

Bagian tengah

Bagian lain yang juga saya lewati adalah tempat yang disebut “Taman Batu”, saya tidak tahu apakah boleh mengambil gambar atau tidak, karena mungkin saja taman batu itu juga sebuah karya seni, tapi saya nekat saja mengambil gambarnya. Ingin rasanya memiliki bagian semacam itu dalam rumah saya (nanti). Membuat rileks otak yang kusut sepertinya.

Taman batu

Taman batu bagian dalam

Setelah berkeliling, ternyata, di tempat ini disediakan tempat sholat (mushola) loh. Tapi kalau untuk perempuan (yang berjilbab terutama) tempat wudhu nya kurang nyaman karena di ruang terbuka :D. Musholanya artistik (ya iyalah), namun sayang agak kotor mungkin karena jarang dipakai.

Tampak dalam mushola

Selasar Sunaryo ini juga menyediakan cindera mata bagi pengunjung yang ingin mendapatkannya, harus beli tentu saja, hehehe. Cindera mata dijual di salah satu sudut bangunan ini. Barang-barang yang dijual santara lain buku-buku (yang berhubungan dengan seni ataupun fotografi), katalog pameran (banyak yang bukan dari Indonesia), juga hasil-hasil kerajinan seperti notebook (literally notebook) bercover batik, dompet, dan lain sebagainya.  Jangan kaget dengan harga-harga yang wow (baca : mahal), karena banyak buku yang susah didapat, saya sempat kaget ada buku yang dijual seharga lebih dari setengah juta rupiah, fantastis! Juga hasil kerajinan yang dijual, kalau boleh saya sebut, menguras kantong, yah mungkin itulah salah satu cara untuk menghargai karya seseorang, karya seniman.

Ruang cinderamata

Pensil 15ribu, notebook 50ribu

Sebelum akhirnya pulang, saya tersangkut di sebuah ruangan, “Ruang Sayap” namanya, untuk kesekian kalinya saya cukup terpikat dengan isi di dalam ruangan ini yang sepertinya koleksi pribadi Bapak Sunaryo sendiri, atau mungkin anaknya entahlah. Di dalam ruangan ini saya menemukan koleksi mainan-mainan jadul, miniatur-miniatur tokoh kartun anak pada masa saya dahulu serta buku dan komik yang tak kalah menarik meskipun koleksi lama.

Spawn

Ada arale, goku, dll. Aaaah pengen ambil satu yang arale

Wayang golek, sunda pisan

Star wars, behind the scene

Mungkin ada yang masih punya ini?

Ini karakter apa sih? Gundam bukan ya?

Jika berminat mengunjungi Selasar Sunaryo, tempat ini buka mulai dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore setiap hari kecuali hari Senin dan hari besar lainnya. Sekedar informasi, berikut beberapa acara yang akan digelar di galeri sampai akhir Desember 2012 :

Solo Exhibition by Buna Wijaya – Oktober 2012

Selasar Solo Project Series – November 2012

The Drawing Project of Bambang B. P. – November 2012

Silahkan berkunjung, gratis loh, kecuali kalau ingin berkopi ria atau membeli cindera mata, ya bayar. Happy visiting! 😀

Jalan depan menuju pintu utama masuk galeri

Advertisements

About dikabeast

A complex mind in plain personality
This entry was posted in Article and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s