Konfigurasi Ubuntu sebagai PC Router

Ini sebuah pengalaman baru bagi saya yang bisa dibilang buta jaringan.  Untuk pertama kalinya saya mencoba mengkonfigurasi sebuah PC Router, dan ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan sebelumnya (tentunya setelah saya berguru dengan masternya jaringan :D). Memang karena satu hal, saya terpaksa harus belajar hal baru bagi saya yang notabene tidak akrab dan bahkan sedikit alergi dengan segala hal berbau jaringan. Oke, hanya ingin sedikit berbagi. Berikut merupakan arsitektur yang saya bangun.

Pada studi kasus ini, tujuan saya  membuat PC Router agar dapat melakukan manajemen bandwidth pada jaringan wireless. Pertama-tama yang harus disiapkan adalah :

  1. 1 buah PC Server  OS apapun (dalam kasus saya, digunakan windows xp )
  2.  1 buah PC ber OS Ubuntu  10.04 dengan 2 lancard
  3. 1 buah wireless router

Langkah-langkah :

1.  Ketika settingan PC Ubuntu masih DHCP, setting IP Access Point menjadi 192.168.1.49 dan buatlah default  range IP   DHCP client (misal : 192.168.50-100),  tujuannya agar tidak bentrok dengan IP yang  router.

2.   Setting  IP pada Ubuntu, asumsi  eth 0 adalah yang terhubung dengan jaringan luar, dan eth 1 adalah yang terhubung dengan server.

eth0 : 192.168.1.1/24

eth1 : 10.0.0.1/24

3.  Setting IP pada server

IP : 10.0.0.2  /Subnet : 255.255.255.0 /Gateway : 192.168.1.1

4.  Konfigurasi pc router :

# Buka terminal masuk sebagai root

#Ubah file sysctl.conf   :

–          Ketik  gedit /etc/sysctl.conf

–           Ubah  nilai IPV4 forward  menjadi  1

–           Save

# Ketik  sysctl –p  atau  /etc/init.d/sysctl restart

 # Cek kembali apakah nilainya forwardingnya sudah 1, ketik  sysctl –a | grep forward

Jika sudah, berarti PC Ubuntu sudah berfungsi sebagai router 🙂

About dikabeast

A complex mind in plain personality
This entry was posted in IT and Knowledge and tagged . Bookmark the permalink.

7 Responses to Konfigurasi Ubuntu sebagai PC Router

  1. bikin pc router bwt apa?
    T*?

    Like

  2. cipitunk says:

    hohohohoho, akhirnya jadi juga router nya 😀

    Like

  3. somphil says:

    ini jadi server dhcp juga ya mba?
    setting nya di 1 file itu doang ato ada lagi ya?
    tengkyu 😀

    Like

Leave a Reply

