Aku Melihat Indonesia

Belajar dari sejarah…

Tulisan tangan Bung Karno

Siapa yang tidak kenal Bung Karno?Bahkan anak kecil jaman sekarang pun mengenalnya, salah satu pencetus kemerdekaan Indonesia. Tidak dapat dapat dipungkiri, Ir. Soekarno atau lebih sering disebut Bung Karno merupakan tokoh yang sangat fenomenal dan melegenda dari era revolusi Indonesia sampai sekarang. Sebenarnya pejuang yang memiliki jasa besar terhadap Indonesia tidak hanya Bung Karno, masih banyak sekali yang lain seperti Bung Hatta, Panglima Soedirman, Sutan Sjahrir dan masih banyak lagi namun Bung Karno adalah tokoh yang paling, maksudnya paling segalanya. Karismanya melebihi tokoh revolusi yang lain. Mungkin itu juga yang menjadi alas an digelarnya Pameran Foto Bung Karno 2011 dengan tajuk “Aku Melihat Indonesia”. Acara ini digelar mulai dari 24 Juni – 30 Juni 2011 di Gedung Indonesia Menggugat Bandung. Acara ini sudah sering diadakan, namun untuk di kota Bandung baru pertama kali diadakan pameran foto semacam itu.

Foto-foto yang diapajang adalah foto-foto pribadi milik contributor dan kolektor yang memungkinkan setiap tahunnya bertambah. Koleksi foto yang dipampang pun cukup banyak dan bervariasi, dari yang sering dipampang di buku sejarah hingga yang langka seperti foto-foto masa muda Bung Karno. Rabu (29/6), saya bersama sepupu saya yang kebetulan sedang melepas penat di Kota Bandung menyempatkan diri untuk datang ke Gedung Indonesia Menggugat, awalnya kami hanya bertujuan untuk melihat-lihat gedung saja, karena gedung tersebut merupakan salah satu gedung yang bersejarah di Bandung. Namun tak disangka, di sana sedang digelar acara pameran foto, lumayan untuk menambah pengetahuan sejarah, kami berkeliling melihat-lihat foto yang dipamerkan. Sangat unik dan menarik, karena saya pikir anak muda jaman sekarang jarang sekali yang tertarik dengan pengetahuan sejarah. Padahal, jika kita ingin sukses dan menjadi lebih baik, belajarlah dari sejarah. Berhubung waktu itu cuaca hujan, kami berdiam cukup lama di dalam gedung sambil bertanya-tanya kepada penyelenggara tentang cerita yang berkaitan dengan foto yang dipampang.
Acara pameran foto akan ditutup dengan pemutaran film perjuangan Bung Karno pada tanggal 30 Juni 2011 pukul 18.30, namun saya tidak menyempatkan diri untuk datang menonton. Berikut beberapa dokumentasi dari pameran foto tersebut :

Advertisements

About dikabeast

A complex mind in plain personality
This entry was posted in Article and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s