Indonesia Menggugat

Bahwasanya, matahari bukan terbit karena ayam berkokok, tetapi ayam berkokok karena matahari terbit!”  – SOEKARNO

Bandung memiliki beberapa tempat yang menyimpan cerita sejarah Indonesia.  Salah satu dari tempat tersebut adalah Gedung Indonesia Menggugat. Bangunan ini terletak di Jln. Perintis Kemerdekaan no.5 Bandung.

Kenapa bersejarah?
Karena ternyata di gedung inilah dahulu Presiden RI pertama beserta ketiga pejuang Indonesia diadili karena ia terjun ke dunia politik dan mendirikan Perserikatan Nasional Indonesia (PNI) dan menjelma menjadi Partai Nasional Indonesia.  Setelah selama 8 bulan lamanya dipenjarakan di penjara Banceuy, pada 18 Agustus 1930, Presiden Soekarno beserta teman-temannya disidangkan di persidangan Landraad. Pada saat itulah, saat dihadapkan di depan Landraad,Presiden  Soekarno melantunkan pembelaannya yang berjudul Indonesie Klaagt Aan (Indonesia Menggugat), yang berbunyi : Bahwasanya, matahari bukan terbit karena ayam berkokok, tetapi ayam berkokok karena matahari terbit! .  Oleh karena itu, Gedung ini akrab disebut Gedung Indonesia Menggugat. Gedung ini diresmikan menjadi salah satu aset sejarah kota Bandung pada tahun 2005 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri .

Ini adalah salah satu sudut dari gedung ini yang sempat saya abadikan :

(*meja persidangan)

Saat ini gedung tersebut sering digunakan untuk kegiatan-kegiatan apresiasi seni, sastra, budaya dan sosial  seperti diskusi puisi, teater dan kegiatan menarik lainnya. Gedung ini sekarang terbuka untuk publik, bagi teman-teman yang ingin berkunjung tinggal masuk saja kalaupun tidak ada kegiatan, kita juga boleh hanya sekedar melihat-lihat gambar sejarah yang ditempel di sana. Tidak perlu khawatir juga untuk berlama-lama di gedung tersebut, karena di sana juga ada kantin yang menyediakan makanan yang bisa kita nikmati sembari menikmati suasana bersejarah.

So,guys, be proud of  our own history 😀

Advertisements

About dikabeast

A complex mind in plain personality
This entry was posted in Article and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s